banner 728x250

Peluang Usaha Paling Menjanjikan di Tahun 2021

  • Share
banner 468x60

Menjalankan bisnis perlu perencanaan tepat. Anda harus menentukan bisnis apa yang ingin dijalankan, lalu mempelajari peluang usaha bisnis tersebut. Selain itu, Anda juga perlu memahami kemampuan Anda dalam menjalankannya.

Pada artikel ini, kami akan membagikan 30+ peluang usaha yang menjanjikan potensi keuntungan yang baik. Dengan demikian, Anda tak perlu melakukan riset sendiri, dan bisa memilih manakah yang paling sesuai untuk Anda.

banner 336x280

Apa yang Perlu Anda Ketahui tentang Peluang Usaha?

Memulai bisnis Anda sendiri adalah pilihan yang bijaksana. 

Alasannya, bisnis pribadi memang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Faktanya, hampir 54% pebisnis pribadi mengaku pendapatannya meningkat. 

Namun, hal tersebut tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. 

Untuk memulai bisnis yang menghasilkan, ada beberapa tips yang bisa Anda coba:

Ikuti Passion Anda

Menjalankan bisnis sesuai dengan passion  membuat Anda tidak gampang menyerah. Alasannya, Anda akan sangat mencintai pekerjaan tersebut. Berbagai tantangan yang muncul akan Anda hadapi dengan tenang dan fokus.

Bisnis yang Anda jalankan pun bisa berangkat dari hal yang Anda sukai, seperti traveling, camping, dan lainnya. Sudah banyak contoh sukses bisnis yang berangkat dari hobi. 

Go Online

Untuk membantu bisnis Anda tumbuh dengan pesat, manfaatkanlah kecanggihan teknologi. 

Ya, go online memang sudah bukan lagi pilihan. Bisnis yang go online akan menjangkau pasar yang lebih luas tanpa terbatas waktu dan lokasi. Potensi keuntungannya pun cukup besar. 

Faktanya, transaksi ecommerce di Indonesia tahun ini saja mencapai Rp13 triliun/bulan. Fantastis! 

Bisnis yang ditunjang hadirnya sebuah website toko online akan mampu menarik lebih banyak calon konsumen. Apalagi jika didukung dengan kemudahan bagi konsumen menemukan bisnis Anda, seperti mendaftarkannya ke Google Bisnisku.

Baca Juga :   Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal, Tertarik Mencoba?

Hasil yang diraih tentu akan lebih optimal, bukan?


Kenali Persaingan

Memiliki produk yang bagus tidak begitu saja menjamin kesuksesan bisnis Anda. Salah satu faktornya adalah hadirnya persaingan usaha yang ketat. 

Seringkali Anda harus “berbagi kue” dengan kompetitor dan menerapkan strategi perang harga yang cukup sengit. Bagi pebisnis, kondisi ini tentu kurang menguntungkan. 

Solusi untuk hal ini adalah melakukan riset pasar atas peluang usaha yang ingin Anda jalankan. Selain itu, Anda juga bisa mencari niche (lingkup bisnis) yang masih belum banyak digarap oleh pebisnis lain. 

Daftar Peluang Usaha yang Paling Menjanjikan

Berikut ini adalah daftar peluang usaha terbaru yang paling menjanjikan di tahun 2021, bahkan bagi pemula sekalipun. 

Kami memilih contoh peluang usaha ini berdasarkan tipe bisnisnya, jenis bisnisnya (apakah online atau offline), dan modal yang diperlukan (kecil atau menengah).

1. Menciptakan Produk Kreatif Ramah Lingkungan

Tipe: Bisnis: Reguler/Rumahan
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Menciptakan produk bermanfaat sambil tetap menjaga lingkungan bisa menjadi peluang usaha yang baik. 

Inilah contoh yang diberikan oleh Deasy Esterina, pemilik bisnis ramah lingkungan Kreskros, ketika memproduksi tas kreatif dari sampah plastik. Bisnis ini terbukti mampu menghasilkan keuntungan yang besar. Pangsa pasarnya juga sudah internasional. 

Deasy memulai usahanya dengan modal Rp10 juta untuk membeli berbagai perlengkapan. Ia memasarkan produknya melalui media sosial dengan membangun kesadaran penggunaan produk ramah lingkungan. Kemudian, melalui website Kreskros.com, ia terus menggarap bisnisnya dengan lebih serius. 

Hasilnya, omzet penjualannya kini mencapai Rp60 juta/bulan. 

2. Kursus Online

Tipe: Bisnis: Rumahan
Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil

Anda memiliki keahlian di bidang tertentu? Memulai bisnis kursus online tentu sebuah pilihan tepat. 

Baca Juga :   Usaha Rumahan yang Pasti Menguntungkan, Cocok untuk Sampingan

Membangun sebuah kursus reguler membutuhkan tempat khusus dan berbagai keperluan lainnya. Persiapannya banyak dan persaingan usahanya pun masih cukup sengit. 

Kursus online berbeda. Selain Anda bisa memulai bisnis tersebut dari rumah, jenis keahlian yang bisa ditawarkan pun beragam. Kursus yang umum Anda temui tentu terkait dengan bahasa asing maupun mata pelajaran sekolah lainnya. Sebenarnya tidak hanya itu. 

Contohnya, Amimono. Website tersebut menawarkan kursus merajut online. Berbagai skil merajut mulai dari knittingcrochet hingga yubiami bisa Anda dapatkan ketika mengikuti kelas yang ditawarkan. 

Nah, sudah menemukan ide untuk kursus online Anda?

3. Usaha Rental Mobil

Tipe: Bisnis: Reguler
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Menengah – Besar

Bisnis sewa mobil mungkin sudah banyak Anda temui. Modal awal yang dibutuhkan pun tidak sedikit. Jadi, Anda mungkin tidak begitu tertarik mencobanya. 

Namun, Anda bisa mengambil inspirasi dari Aldi Febian Mahabian, seorang pengusaha rental mobil. Cerita pebisnis ini menunjukkan bahwa untuk memulai bisnis, kreativitas merupakan faktor kunci, tidak melulu modal. 

Saat itu sebagai sopir mobil rental, ia menemukan peluang usaha bahwa masyarakat menginginkan seorang sopir yang berpenampilan baik dan berwawasan luas. Menggunakan Twitter, ia mulai mempromosikan “jasa sewa driver good looking”.

Lambat laun, kliennya semakin banyak. Dengan sistem bagi hasil, bisnisnya semakin berkembang. Penghasilan yang ia terima tiap bulan pun bisa mencapai hingga Rp78 juta.

Bisnis rental mobil ini terbukti tidak hanya bisa dilakukan offline saja, namun bisa secara online seperti yang ditunjukkan oleh drive.id.

4. Jasa Pembuatan Website

Tipe: Bisnis: Reguler/Rumahan
Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil – Menengah

Salah satu bisnis menjanjikan yang bisa dijalankan dari rumah adalah jasa pembuatan website. 

Baca Juga :   Mau Untung Besar? Coba 10 Peluang Usaha Rumahan Ini!

Jika Anda seorang web developer, tidak ada salahnya menekuni bisnis ini. Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar. Seperti halnya bisnis jasa yang lain, peluang keuntungannya cukup besar. 

Tidak hanya dari jasa pembuatan website saja, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari kerjasama dengan pihak lain. 

Seperti yang Anda ketahui, sebuah website akan membutuhkan domain dan hosting agar bisa online. Maka, Anda juga bisa sekaligus menjadi reseller hosting dan domain. Menariknya, Anda bisa memulai kerjasama tersebut tanpa modal dan biaya pendaftaran.

5. Wedding Organizer

Tipe: Bisnis: Reguler/Rumahan
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Setiap pasangan calon pengantin ingin momen spesialnya berlangsung sempurna. Oleh karena itu, seorang wedding organizer selalu dibutuhkan untuk mengatur rangkaian acara.

Dari sisi bisnis, ini tentu peluang usaha yang baik. 

Jangan dulu beranggapan bahwa bisnis ini sudah tidak prospek seiring bertambahnya jumlah wedding organizer. Faktanya, nilai industri dari bisnis pernikahan di tahun ini saja mencapai Rp500 triliun.

Sekali lagi, kreativitas Anda dalam mengenali pasar menjadi kunci. Inilah yang dicontohkan oleh Fitri Aulia Abdullah yang menawarkan jasa wedding organizer dengan konsep syar’i.

Apakah modal yang dibutuhkan sangat besar? Tidak juga. Fitri mengaku memulai bisnis tersebut tanpa modal. Seorang wedding organizer lain bernama Yupitirani menggunakan modal Rp3 juta untuk memulai bisnis ini.

Sumber : https://www.niagahoster.co.id/blog/peluang-usaha-paling-menjanjikan/?amp

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *