banner 728x250

Kelebihan Bisnis Afiliasi,Istilah-istilah dalam Bisnis Afiliasi? cara menghasilkan uang dari bisnis afiliasi

  • Share
banner 468x60

Sama seperti dengan bisnis marketing lainnya, bisnis ini memiliki berbagai kelebihan dan kekurangannya. Meskipun program afiliasi terlihat menggiurkan, terutama bagi blogger atau wirausahawan, sebaiknya Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dulu sebelum memutuskan untuk bergabung.

Kelebihan Bisnis Afiliasi

Ketahuilah beberapa kelebihan bisnis afiliasi jika kita ingin melakukannya:

banner 336x280
  • Biaya awal yang murah/rendah. Umumnya, Anda tidak perlu membayar untuk bergabung dengan program afiliasi. Sebagian besar perusahaan afiliasi akan menangani sendiri transaksi jual beli produk dan layanannya. Artinya Anda tidak perlu khawatir tentang ketersediaan barang.
  • Kemudahan untuk bergabung. Hampir tidak ada kesulitan untuk bergabung dalam program afiliasi meskipun memang beberapa program lainnya memiliki prosedur yang tidak mudah. Anda hanya perlu mengisi formulir dan mulai mempromosikan produk.
  • Tidak perlu berurusan dengan pengiriman atau pengembalian produk. Sebagai seorang affiliate, yang menjadi fokus Anda hanyalah mempromosikan brand, produk, atau layanan merchant. Pengiriman atau pengembalian produk akan ditangani sepenuhnya oleh merchant.
  • Tidak perlu menyediakan produk atau layanan. Sekali lagi, tugas Anda sebagai seorang affiliate adalah untuk mengarahkan pengunjung situs ke website penyedia produk dan layanan. Sementara itu, untuk pengadaan barang, akan dilakukan sendiri oleh merchant karena inilah yang perlu diperhatikan jika Anda ingin memiliki toko online sendiri.
  • Tidak ada persyaratan khusus. Selama Anda mampu mempromosikan produk dan layanan, Anda tidak perlu mengikuti pelatihan atau kursus lainnya. (Namun, jika Anda ingin membuat website khusus untuk program afiliasi, mengikuti kursus online atau pelatihan terkait sangat kami sarankan!)
  • Dapat menghasilkan uang 24/7. Sama seperti bisnis online lainnya, Anda dapat melakukan bisnis ini kapan saja bahkan pada saat tidur!

Istilah-istilah dalam Bisnis Afiliasi

Sebelum membahas lebih jauh mengenai bisnis afiliasi, ada beberapa istilah yang harus Anda ketahui. Jika Anda berniat menjalankan bisnis afiliasi, maka Anda juga perlu mengenal istilah-istilah di dalamnya agar tidak bingung. Berikut beberapa istilah pentingnya:

Baca Juga :   belajar Online MASTER BISNIS DROPSHIP

Affiliate

Affiliate adalah orang yang bekerja sama dengan perusahaan atau penyedia program afiliasi untuk mempromosikan produk, layanan, atau bahkan memperkenalkan brand kepada para pengunjung situsnya. Affiliate berasal dari berbagai kalangan dan komunitas, tetapi umumnya dilakukan oleh blogger, pembuat konten situs, atau creator yang terkait dengan industri merchant. Seorang affiliate akan menulis atau membuat konten yang berkaitan dengan produk atau layanan yang disediakan oleh pihak pembuat afiliasi, memasang banner iklan atau banner ads di situs mereka, atau memberikan kode kupon.

Pembayaran

Dibandingkan dengan bisnis lain, program afiliasi memberikan ROI (laba atau keuntungan) yang lebih tinggi kepada para merchant atau pihak yang menjual barang dan layanan karena bisnis ini berbasis kinerja. Artinya mereka hanya akan membayar komisi affiliate bila pembelian berhasil dilakukan dan tidak akan membayar untuk pengunjung situs yang sekadar melihat-lihat. Apabila beberapa affiliate mendapatkan tagihan dalam satu transaksi yang sama, maka pembayaran akan berantakan. Bisa jadi akan ada kasus di mana seorang affiliate mengklaim komisi untuk pelanggan atau kustomer yang berasal dari affiliate lain di menit-menit terakhir. Program afiliasi yang baik akan menawarkan multi-channel attribution untuk memastikan bahwa afiliate dengan hasil transaksi terbanyak yang akan menerima pembayaran paling banyak. Beberapa jenis metode pembayaran yang umum digunakan oleh merchant adalah:

  • CPS (Cost Per Sale) – Anda akan menerima komisi per penjualan atau persentase dari value produk atau jasa.
  • CPL (Cost Per Lead) – Anda akan menerima pembayaran untuk setiap lead yang divalidasi dan diselesaikan.
  • CPC (Cost Per Click) – Anda akan menerima pembayaran karena mengarahkan trafik ke website penyedia produk dan layanan melalui ad click.
  • CPA (Cost Per Action) – Anda akan menerima pembayaran saat user menyelesaikan permintaan yang Anda iklankan (mengisi formulir atau survei)
Baca Juga :   Kelebihan Bisnis Afiliasi,Istilah-istilah dalam Bisnis Afiliasi? cara memulai bisnis afiliasi

Bisnis afiliasi sekarang banyak dilakukan oleh solo entrepreneur, blogger, dan content creator. Usaha ini terdengar bagus karena Anda dapat mendapatkan uang di internet. Tapi, jangan sampai kita melakukannya tanpa rencana yang sempurna. Dalam artikel ini, Saya akan memberikan penjelasan singkat tentang dasar-dasar bisnis afiliasi beserta panduan cara memulainya.

Apa Itu Afiliasi?

bisnis Affiliasi adalah program atau bisnis yang memberi kita komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau website. Salah satu contoh umum bisnis afiliasi adalah penggunaan link referral. Sebagai publisher atau affiliate, Anda menempatkan link tersebut pada blog atau situs untuk mengarahkan para pengunjung ke website lain yang menyediakan produk atau layanan.

Jika visitor melakukan pembelian, maka Anda akan mendapatkan penghasilan. Selain link referral, cara lain untuk menjalankan bisnis afiliasi adalah dengan meminta pengunjung untuk membuat dan mendaftarkan akun, mengisi formulir, atau menambahkan alamat email. Umumnya, Anda akan menggunakan link khusus untuk menawarkan produk atau layanan afiliasi. Adapun jumlah komisi tergantung pada program afiliasi itu sendiri. Sebagian program afiliasi menjanjikan beberapa persen dari penjualan, sementara yang lainnya memberikan komisi dalam jumlah yang tetap untuk setiap konversi. Ada bermacam-macam cara untuk melacak konversi. Beberapa user menggunakan kode unik untuk mengetahui asal konversi, sedangkan yang lainnya memakai “kode kupon” khusus.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *